JENIS COMPLAINT
- FACILITIES/MECHANICAL COMPLAINT (keluhan mengenai fasilitas)
- STAFF/ATTITUDINAL COMPLAINT (keluhan mengenai kinerja/pelayanan karyawan)
- SERVICE RELEATED PROBLEM (keluhan mengenai pelayanan yang tidak baik)
- UNUSUAL COMPLAINT (keluhan yang bersifat khusus)
CUSTOMER / PELANGGAN
adalah orang yang membeli dan menggunakan produk dan jasa
JENIS PELANGGAN
- Internal customer : orang orang yang didalam perusahaan yang pelayanannya tergantung pada perusahaan dan hanya memiliki sedikit pilihan/tidak sama sekali untuk menerima pelayanan dari perusahaan
- External customer : orang orang yang didalam perusahaan yang pelayanannya tidak tergantung pada perusahaan dan berbisnis dengan perusahaan karena pilihan mereka sendiri
- Agresif customer : pelanggan yang terlalu banyak bertanya panjang lebar
- Meek customer : pelanggan yang tidak banyak mengeluh (lemah lembut)
- High roller customer : pelanggan yang mengeluh dengan cara wajar namun tidak tertarik dengan berbagai alasan
- Rip-off customer : pelanggan yang merasa tidak puas akan pelayanan yang diberikan tujuannya agar selalu diperhatikan
- The chronic complainer customer : pelanggan yang merasa tidak puas dan selalu menilai bahwa segala sesuatunya salah
ALASAN PELANGGAN ENGGAN MENYAMPAIKAN KELUHAN
- Keluhan membuang-buang waktu dan tenaga
- Keluhan tidak akan memberikan manfaat
- Pelanggan tidak tahu harus kemana untuk mengajukan keluhan
- Pelanggan merasa malu untuk menyampaikan keluhan