Yuk, kenali terlebih dahulu : Jenis Komplain, Jenis Pelanggan, Tipe Pelanggan, dan alasan pelanggan mengeluh

2514361

JENIS COMPLAINT

  • FACILITIES/MECHANICAL COMPLAINT (keluhan mengenai fasilitas)
  • STAFF/ATTITUDINAL COMPLAINT (keluhan mengenai kinerja/pelayanan karyawan)
  •  SERVICE RELEATED PROBLEM (keluhan mengenai pelayanan yang tidak baik)
  • UNUSUAL COMPLAINT (keluhan yang bersifat khusus)

 

CUSTOMER / PELANGGAN
adalah orang yang membeli dan menggunakan produk dan jasa

JENIS PELANGGAN

  • Internal customer : orang orang yang didalam perusahaan yang pelayanannya tergantung pada perusahaan dan hanya memiliki sedikit pilihan/tidak sama sekali untuk menerima pelayanan dari perusahaan
  • External customer :  orang orang yang didalam perusahaan yang pelayanannya tidak tergantung pada perusahaan dan berbisnis dengan perusahaan karena pilihan mereka sendiri
  • Agresif customer  : pelanggan yang terlalu banyak bertanya panjang lebar
  • Meek customer : pelanggan yang tidak banyak mengeluh (lemah lembut)
  • High roller customer : pelanggan yang mengeluh dengan cara wajar namun tidak tertarik dengan berbagai alasan
  • Rip-off customer : pelanggan yang merasa tidak puas akan pelayanan yang diberikan tujuannya agar selalu diperhatikan
  • The chronic complainer customer : pelanggan yang merasa tidak puas dan selalu menilai bahwa segala sesuatunya salah

 

ALASAN PELANGGAN ENGGAN MENYAMPAIKAN KELUHAN

  • Keluhan membuang-buang waktu dan tenaga
  • Keluhan tidak akan memberikan manfaat
  • Pelanggan tidak tahu harus kemana untuk mengajukan keluhan
  • Pelanggan merasa malu untuk menyampaikan keluhan

Leave a comment